Permainan domino adalah permainan kartu yang sudah melekat di hati masyarakat Indonesia. Berbicara tentang sejarah permainan domino sepertinya jarang saya tuliskan kepadamu. Permainan domino sudah ditemukan di Tiongkok pada awal tahun 1120 Masehi. Beberapa ulasan yang sempat saya baca terkait catatan sejarah menyatakan jika terdapat potongan-potongan terkait bukti permainan ini. Tokoh penting asal Negeri Tiongkok bernama Hung Ming (181-234 M) disinyalir sebagai penemu permainan domino. Namun, sejarawan lain percaya jika Keung T’ai Kungdi abad kedua belas sebelum Masehi sudah menciptakan permainan domino. Yang Chu menyatakan jika domino diciptakan oleh seorang negarawan di tahun 1120 Masehi.

Permainan Domino Sebelum Internet Hadir

Permainan domino adalah permainan lintas generasi karena sejak zaman dahulu hingga zaman sekarang tak pernah ditinggalkan oleh mereka yang gemar bermain judi. Di zaman dahulu, di saat saya masih berusia kanak-kanak, kerap kali berjumpa dengan beberapa tetangga (khususnya lelaki) mengisi waktu di malah hari dengan bermain kartu domino. Permainan domino dapat dimainkan secara kelompok, sekitar dua hingga enam pemain. Tidak hanya dimainkan sewaktu ronda ataupun begadang, domino dimainkan untuk sekadar mengisi waktu luang sembari menanti dagangan di pasar, ataupun sembari menjaga parkir kendaraan. Beberapa tahun yang lalu, sebelum internet menjadi andalan setiap orang, domino memerlukan alat bantu berupa kartu kecil degan gambar bulat-bulat warna merah dalam berbagai jumlah dan ukuran. Saat di seluruh penjuru dunia tersaji layanan internet, kini domino dapat dimainkan tanpa menggunakan kartu, melainkan dalam bentuk digital. Soal tempat, permainan domino secara daring (Online) bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Jika ingin memainkan domino Online, kamu harus bergabung ke beberapa situs yang menyediakan domino Online.

Versi Sejarah Permainan Domino

Saat ini seluruh lapisan masyarakat sudah bisa memainkan permainan domino tanpa memandang status sosial, pekerjaan, budaya, dan lain sebagainya. padahal, sesuai dengan catatan sejarah yang baca, saat pertama kali dibuat, domino merupakan kegiatan persembahan seorang abdi dalem yang ditunjukkan kepada sang kaisar. Permainan domino hanya bisa dimainkan oleh mereka yang ter aliri darah bangsawan. Dari ke sekian sejarah yang membahas tentang domino memunculkan beragam versi. Akan tetapi, ke seluruh versi tersebut memiliki kesimpulan jika permainan domino lahir pertama kali di Tiongkok. Versi pertama menyebutkan jika permainan domino mulai dikenal pada tahun 1120 Masehi. Berbeda dengan versi pertama, pada versi kedua domino mulai dimainkan oleh tentara Hung Ming sekitar tahun 181 hingga 234 Masehi. Lain dua versi tersebut, sejarawan lain menyebutkan jika domino versi ketiga dikenal pada masa Keung T’ai Kung, sekitar 1.100 tahun sebelum Masehi. Sayangnya masih ada bantahan lain dari ahli sejarah tradisi Tionghoa, Chu sz yam yang cenderung memercayai versi pertama. Menurut Chu sz yam, domino dibuat oleh seorang gawai negeri untuk dijadikan alat persembahan bagi Kaisar Hui Tsung pada tahun 1120. Oleh Hui Tsung, yaitu Kaisar Kao Tsung, domino mulai disebarkan ke penjuru dunia mulai tahun 1127 hingga 1163. Dari Tiongkok, domino menyebar hingga tanah Eropa.

Kata domino berasa dari bahasa Latin, yaitu dominus yang memiliki arti tuan rumah. Di dalam bahasa Inggris dan Skotlandia pun ada kata yang mengarah ke dominus, yaitu domini yang memiliki arti kepala sekolah. Demikianlah ulasan tentang sejarah permainan domino yang bisa saya tuliskan kali ini. Jika kamu ingin memainkan domino melalui layanan internet, silakan berkunjung ke situs agen BandarQ terpercaya.

 

Leave a Reply

 

Theme by Catalog Discount

Copyright © 2018 Kiu Kiu Online & Bandarqq. All Rights Reserved